Skip to main content

Jadikan Tahun Baru Nanti Lebih Menyenangkan & Penuh Keberkahan

Tidak terasa tahun 2014 ini sudah hampir berlalu dan kita akan segera menyambut tahun baru 2015 yang penuh dengan tantangan baru. Banyak peristiwa yang kita hadapi sepanjang tahun ini diantaranya adalah agenda politik bangsa ini yang menguras fikiran hampir sebagian besar bangsa Indonesia. Di tengah berbagai catatan tersebut, tersembunyi berbagai harapan sekaligus tantangan.

Melalui kesempatan ini, saya mengucapkan Selamat menjalani TAHUN BARU 2015 untuk Anda semua. Semoga banyak pelajaran yang bisa kita ambil di tahun 2014 ini dan selanjutnya di tahun 2015 mendatang, hari-hari kita dipenuhi kebahagiaan dan keberkahan sekaligus, Insyaallah....

Selalu Ada Harapan Sesempit Apapun Kondisi Kita

Banyak yang mengatakan, di tahun depan 2015, ancaman krisis yang dimulai dari kenaikan harga BBM yang selanjutnya diikuti kenaikan bahan pokok dan kebutuhan lainnya akan membeikan dampak bagi sebagian besar bangsa ini. Berbagai ulasan yang bersifat negatif pun terus berkembang seiring ketidakpercayaan sebagian publik kepada pemerintahan saat ini.

Ketakutan akan terjadinya PHK masal, ketidakpastian politik, hingga terombang-ambingnya harga kebutuhan pokok jadi opini yang dipercayai bisa terjadi. Itulah gambaran nyata yang membayang dan mungkin jadi realitas yang tidak bisa dielakkan. Dan memang, adanya perubahan seiring perputaran waktu terus terjadi tanpa bisa dihalangi.

Maka, untuk menghadapinya, kitalah yang menentukan! Pilihan ada di tangan kita. Jika kita menghadapi semua hal tersebut dengan sikap PESIMIS, maka yang muncul pastilah rasa takut, cemas, khawatir, prihatin, pasif, frustasi, depresi dan sifat-sifat negatif lainnya. Akibatnya sudah bisa dipastikan! Semua bayangan itu akan jadi kenyataan sehingga membuat kita makin terpuruk didera perputaran zaman.

Sebaliknya, bagi orang yang selalu memilih pandangan OPTIMIS, mereka sadar di balik setiap kesulitan terdapat kesempatan dan pembelajaran dan bahkan kemudahan seperti yang dijanjikan Allah, “Sesunnguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” Persis seperti apa yang dikatakan oleh Albert Einstein "In the middle of diffuculty lies oppurtinities" Sikap optimis akan melahirkan percaya diri, berani, aktif, siap bekerja dan berjuang keras. Mereka inilah yang memiliki kekayaan mental yang maksimal sehingga mampu melewati setiap ancaman badai kehidupan.

Orang optimis akan selalu menyadari keadaan dirinya saat ini dengan penuh rasa syukur. Mereka sadar, bahwa dengan mau mensyukuri keadaan yang yang dilaminya saat ini, dan mampu memaksimalkan apa yang dimiliki, serta dilandasi kemauan berjuang habis-habisan, apapun bisa diatasi. Ini sangat sesuai dengan prinsip filosofi dasar yang selalu digaungkan oleh seorang Andrie Wongso, "Success is my right!!!" - Sukses adalah hak saya!

Dengan optimisme, setidaknya, minimal dapat membuat orang bertahan di tengah cobaan yang mendera dan maksimal mampu mengatasi masalah dan keluar sebagai pemenang. Orang-orang optimis tidak mudah menyerah apalagi putus asa. Karena putus asa hanya akan mengantarkan kita kepada keterpurukan dan tidak bisa merubah nasib kita.

Nah, ada satu hal yang bisa Anda lakukan dan yang biasanya sering kali saya lakukan setiap akhir tahun. Bagi saya, kegiatan ini sangatlah berguna untuk melihat perkembangan diri sendiri selama satu tahun ini dan Anda pun dapat melakukannya dengan mudah.

Tips Bagaimana Membuat Tahun Depan Menjadi Lebih Menyenangkan

PERTAMA : Cari tempat yang tenang dan siapkan pena, notes, minuman menyegarkan (juice, cola atau minuman favorit Anda) dan musik yang tenang seperti jazz (love it), blues atau juga nasyid.

KEDUA : Tutup mata Anda dan nikmati musik sambil merenungkan hal-hal berikut ini. Apa sajakah yang telah Anda lakukan selama tahun 2014 ini? Apa yang berkesan, apa yang menyakiti Anda? Target apakah yang masih belum tercapai? Istilah kerennya kita tumpahkan segala yang kita alami di tahun yang telah lewat sebagai evaluasi atau muhasabah total. Jangan lupa, tuliskanlah hal itu di notes Anda.

KETIGA : Pelajari notes Anda setelah itu, dan lakukan perenungan kembali dengan pertanyaan yang baru. Apakah yang Anda inginkan terjadi di tahun 2015? Apa yang ingin Anda ubah? Target apakah yang ingin Anda capai? Mempunyai seorang istri/suami yang bagimana, mempunyai tabungan dengan nilai sebesar 1 trilyun, punya bisnis baru, atau apapun itu, tulislah..

KEEMPAT : Pelajari notes Anda kembali dan kali ini tulislah kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mencapai hal tersebut? Membeli buku yang related, mengikuti seminar, berkenalan dengan orang baru, melakukan ibadah-ibadah yang belum pernah dikerjakan selama ini.

KELIMA : Simpan notes itu dan selama perjalanan Anda di tahun 2015, lihatlah seminggu sekali setiap hari Senin untuk mengulang kembali tujuan Anda dan lihatlah sejauh mana Anda telah mencapainya. Anda akan merasa takjub nantinya karena jikalau Anda fokus, ternyata hal-hal tersebut tidaklah sesulit yang Anda bayangkan untuk dicapai.. :) Pasti ada keajaiban jika memang konsisten mau melakukan apa yang pernah kita fikirkan, insyaallah.

Itulah tips dari saya untuk memulai tahun 2015 dengan lebih baik dan terarah sehingga tercapai kehidupan yang lebih menyenangkan dan penuh keberkahan. Hanya 5 langkah yang mudah dan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat (sekitar satu jam). Satu jam tentu singkat jika dibandingkan dengan 365 hari yang akan Anda jalani di tahun 2015, bukan?

Mari, kita bangun semangat optimisme, selalu berpikir dan berpengharapan positif, berani menghadapi setiap tantangan yang menghadang, demi tercapainya hari esok penuh harapan, "Tomorrow will be better!!!"


Salam Sukses & Berkah !
Facebook : Arif Prasetyo Aji | Twitter : @arifaji


Comments

Popular posts from this blog

Sensasi Asem-Asem Pedas Ikan Kutuk Kelo Kuning Asli Lamongan

Lamongan ini memang rajanya kuliner , hampir di setiap kota di negeri ini selalu ada menu kuliner Lamongan seperti misalnya, soto lamongan, tahu campur , dll. Kalau kita memasuki kota Lamongan maka akan disuguhi pemandangan ada ibu-ibu yang berjajar rapi dengan borannya, itulah yang disebut dengan Nasi Boran . Kenapa disebut nasi boran ya karena nasinya ditaruh di dalam sebuah boran yang terbuat dari anyaman bambu. Melihatnya saja sudah gundah gulana dibuatnya apalagi kalau sudah mencoba dijamin nambah lagi he..he.. Tapi yang ndak suka pedas, jangan asal beli bisa-bisa nanti perutnya tidak bersahabat, tanya dulu apa ada bumbu yang nggak pedas.

Rumeli Hisari, Gerbang Penaklukan Konstatinopel

Selat Bosphorus itu adalah kunci kekuatan Konstatinopel. Hampir semua bantuan datang melalui selat ini. Hal ini terjadi sejak penaklukan Konstatinopel pertama kalinya sampai Sultan Beyazid I, ayah dari Muhammad Al Fatih. Karenanya Sultan Beyazid I membuat benteng di tepian Selat Bosphorus dekat Laut Hitam (Balck Sea), sebagai upaya pencegahan datangnya pasukan bantuan ke Konstatinopel. Benteng setinggi 25 meter ini kemudian disebut dengan Anadolu Hisari (Anatolia Fortress) atau Benteng Anatolia atau Benteng Asia Kecil. Muhammad Al Fatih, demi menunjukkan keseriusannya dalam upaya penaklukan Konstatinopel, juga membangun benteng di seberang Selat Bosphorus tepat berhadapan dengan benteng yang dibuat ayahnya, Anadolu Hisari. Ya, faktanya Anadolu Hisari tidak mampu membendung datangnya bala bantuan ke Konstatinopel. Sehingga perlu dibuat benteng lagi untuk menguatkan posisi benteng sebelumnya. Benteng legendaris inilah kemudian disebut sebagai Rumeli Hisari. Ketika

SEC On The Move

Mas Danton, Mas Samsul, Mas Samurai, dll Aku dan Mas Ganda (Kharisma Collection-Royal Plaza & Cito) Mas Riano (kelihatan sampingnya he..he..) Mbak, Kalo hitung yang bener ya... Rabu malam kemarin, tepatnya tanggal 28 Nopember 2007, SEC (alias Surabaya Entrepreneur Club) punya “gawe” pertemuan rutin sekaligus pemilihan ketua periode 2008-2010. Sebelumnya telah terjaring tiga nama calon oleh tim kecil SEC periode sebelumnya, yaitu Samurai “Investor”, Agus “Vitabean” dan Riano “Reng Oneng”. Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh sang ketua panitia, Mas Danton “Jagoan Hosting”. Dia menyampaikan bahwa acara malam ini berbeda dari pertemuan sebelumnya, karena : Pertama, akan dilakukan pemilihan ketua SEC. Kedua, dilaksanakan di kampus SE (Sustainable Entrepreneur-Sekolah Pengusaha) . Ketiga, dihadiri para pendiri komunitas ini yang sudah sukses, yaitu Pak Panca, Pak Ismail Nakhu dan satu lagi aku lupa namanya, maafkan aku ya Pak…. Kemudian, sambutan da