Skip to main content

Kun Fayakuun !

“Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu. Dia hanya berkata kepadanya, ‘Jadilah!’ Maka jadilah sesuatu itu” (QS. Yaasiin (36) : 82)

Segala yang terjadi di deluruh jagat raya ini tidak pernah lepas dari skenario Allah SWT, pun halnya yang terjadi pada masa depan kita. Sesuatu yang tidak mungkin menurut ukuran manusia menjadi mungkin jika kita yakin bahwa semua urusan kita tidak pernah lepas dari tangan Allah SWT.

Dan pelajaran yang diberikan melalui film “Kun Fayakuun” yang diarsiteki oleh Ustadz Yusuf Mansyur bisa memberikan gambaran kepada kita tentang ketentuan Allah itu. Terutama sebagai entrepreneur, tidak ada salahnya kita menengok sebentar film ini sebagai spirit sukses kita. Ada beberapa pelajaran yang perlu kita catat, kita renungkan dan terlebih kita laksanakan sebagai “road to success” kita dalam menjalani kehidupan.

Kekuatan Tawakal

Inilah sebenarnya inti kekuatan yang maha dahsyat itu, yang bahkan mampu mengguncangkan seluruh isi arsy. Keyakinan bahwa Allah adalah sumber kekuatan dimana jika kita dekat dan memohon kepada-Nya maka pasti akan mengabulkannya.

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar”(QS Al Baqarah (2) : 153)

“Mendekat dan Memohon” kepada-Nya inilah yang dilakukan oleh penjual kaca ini setiap harinya baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Dia senantiasa komitmen dengan sholat wajib yang diusahakan selalu berjama’ah dan disetiap malamnya dia bersimpuh dihadapan-Nya untuk mengadukan seluruh keinginannya.

Kekuatan Ikhtiar

Ikhtiar ini ibarat sebagai prasyarat yang menjadi sarana untuk menunjukkan keseriusan kita disamping juga sebagai salah satu sebab dikabulkannya do’a kita.

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al Qashash (28) : 77)

Kekuatan Impian

Penjual kaca keliling itu punya mimpi sederhana tetapi sangat jelas, yaitu ingin menjadi pengusaha kaca dengan memiliki toko kaca yang megah. Dan mimpi ini dipertegas setiap dia melewati toko kaca dan ditanamkan kepada seluruh anggota keluarganya. Tentang “impian” ini bisa dilihat dalam postingan saya sebelumnya.

Kekuatan Shadaqah

Shadaqah itu bukanlah “uang sisa” dari penghasilan yang kita dapat, tetapi harus diutamakan dan disengaja di awal setiap kita mendapatkan penghasilan. Sekali lagi, penjual kaca memberi pelajaran yang berharga, ketika dia mendapatkan modal kerja dia menyisihkan 10 % untuk shadaqah dan itu dilakukannya di awal sebelum dia menggunakan modalnya tadi.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” (QS Al Baqarah (2) : 261)

Memberi!, Bukan Menerima

“Tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah”, inilah hadist Rasulullah saw yang mengajarkan tentang kemandirian. Dan pelajarannya bisa kita lihat secara lebih detail dalam kisah sahabat yang sekaligus entrepreneur bahkan konglomerat di masa Rasulullah, “Abdurrahman Bin Auf”.

Kita jangan malu untuk meminta kepada Allah, karena sebelum yang lain Dia-lah satu-satunya penolong yang kita miliki. Dan rahmat Allah itu sangat luas sehingga tidak pantas kalau kita putus asa dari rahmat Allah.

Catatan Penting :Segenap manajemen Dienazty Fashion Center menyampaikan jazakumullah khoiron katsiro kepada seluruh mitra Busana Muslim Anak Annida Islamic Kids Wear, mitra Busana Muslim EmDeeEf dan mitra Busana Muslim Attaqi di seluruh nusantara. Semoga silaturrahim dan kerjasama kita ini mendapatkan ridho Allah SWT dan dilimpahkan barakah dan rizqi yang berlimpah. Amiin

Comments

Anonymous said…
Bacaan yang bagus Pak :)
Anonymous said…
Mas Arif, aku minta ijin untuk copy paste postingan ini, ya. Sangat bermanfaat buat aku mudah2an buat yang lain juga. Thanks

Popular posts from this blog

Sensasi Asem-Asem Pedas Ikan Kutuk Kelo Kuning Asli Lamongan

Lamongan ini memang rajanya kuliner , hampir di setiap kota di negeri ini selalu ada menu kuliner Lamongan seperti misalnya, soto lamongan, tahu campur , dll. Kalau kita memasuki kota Lamongan maka akan disuguhi pemandangan ada ibu-ibu yang berjajar rapi dengan borannya, itulah yang disebut dengan Nasi Boran . Kenapa disebut nasi boran ya karena nasinya ditaruh di dalam sebuah boran yang terbuat dari anyaman bambu. Melihatnya saja sudah gundah gulana dibuatnya apalagi kalau sudah mencoba dijamin nambah lagi he..he.. Tapi yang ndak suka pedas, jangan asal beli bisa-bisa nanti perutnya tidak bersahabat, tanya dulu apa ada bumbu yang nggak pedas.

Rumeli Hisari, Gerbang Penaklukan Konstatinopel

Selat Bosphorus itu adalah kunci kekuatan Konstatinopel. Hampir semua bantuan datang melalui selat ini. Hal ini terjadi sejak penaklukan Konstatinopel pertama kalinya sampai Sultan Beyazid I, ayah dari Muhammad Al Fatih. Karenanya Sultan Beyazid I membuat benteng di tepian Selat Bosphorus dekat Laut Hitam (Balck Sea), sebagai upaya pencegahan datangnya pasukan bantuan ke Konstatinopel. Benteng setinggi 25 meter ini kemudian disebut dengan Anadolu Hisari (Anatolia Fortress) atau Benteng Anatolia atau Benteng Asia Kecil. Muhammad Al Fatih, demi menunjukkan keseriusannya dalam upaya penaklukan Konstatinopel, juga membangun benteng di seberang Selat Bosphorus tepat berhadapan dengan benteng yang dibuat ayahnya, Anadolu Hisari. Ya, faktanya Anadolu Hisari tidak mampu membendung datangnya bala bantuan ke Konstatinopel. Sehingga perlu dibuat benteng lagi untuk menguatkan posisi benteng sebelumnya. Benteng legendaris inilah kemudian disebut sebagai Rumeli Hisari. Ketika

SEC On The Move

Mas Danton, Mas Samsul, Mas Samurai, dll Aku dan Mas Ganda (Kharisma Collection-Royal Plaza & Cito) Mas Riano (kelihatan sampingnya he..he..) Mbak, Kalo hitung yang bener ya... Rabu malam kemarin, tepatnya tanggal 28 Nopember 2007, SEC (alias Surabaya Entrepreneur Club) punya “gawe” pertemuan rutin sekaligus pemilihan ketua periode 2008-2010. Sebelumnya telah terjaring tiga nama calon oleh tim kecil SEC periode sebelumnya, yaitu Samurai “Investor”, Agus “Vitabean” dan Riano “Reng Oneng”. Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh sang ketua panitia, Mas Danton “Jagoan Hosting”. Dia menyampaikan bahwa acara malam ini berbeda dari pertemuan sebelumnya, karena : Pertama, akan dilakukan pemilihan ketua SEC. Kedua, dilaksanakan di kampus SE (Sustainable Entrepreneur-Sekolah Pengusaha) . Ketiga, dihadiri para pendiri komunitas ini yang sudah sukses, yaitu Pak Panca, Pak Ismail Nakhu dan satu lagi aku lupa namanya, maafkan aku ya Pak…. Kemudian, sambutan da