Kalau saat ini kita menjelajah dunia
internet pasti banyak menemui toko online dengan berbagai produknya. Pun sama,
di internet kita bisa semakin mudah menemukan produk yang kita cari bahkan kita
bisa membandingkan kualitas masing-masing produk dan tentu juga perbandingan
harganya.
Sungguh sangat menarik memang, dengan hanya satu klik di Google.com
misalnya dengan mengetikkan satu kalimat produk yang kita cari, akan
bermunculan toko online dengan berbagai ragamnya yang memberikan penawaran baik
yang menarik maupun yang cuma asal-asalan.
Misalnya saja kita ketikkan kalimat
seperti “Busana Muslim” atau “Gamis Muslimah”, maka akan banyak kita temukan ragam
toko online yang menjual aneka kebutuhan busana muslim yang dimaksud. Tinggal,
kita mau mencari produk yang seperti apa maka mesin pencarian akan memenuhi
permintaan kita tersebut. Nah, bagi para pelaku bisnis online, ini adalah
peluang yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk menaikkan omset
penjualan. Bahkan ada satu toko online yang menjual aneka macam busana muslim
bisa menembukukan omset miliaran rupiah, sekali lagi hanya dari penjualan
online lho J. Wow dahsyat sekali khan.
Berdasarkan dari pengalaman selama
menekuni toko online busana muslim dan hasil diskusi dengan para pakar
diantaranya dengan Pak Nukman Lutfie dan yang lainnya, saya akan berbagi pengalaman
bagaimana membangun toko online yang sukses dan tentu saja menghasilkan income
yang tidak sedikit. Dan asyiknya, toko online ini bisa dikelola hanya di rumah saja bahkan tanpa stokpun bisa dilakukan.
Pertama, LOKASI, LOKASI & LOKASI
Suatu saat Pak Ciputra ditanya tentang
kunci sukses di bisnis propertinya, dengan singkat beliau menjawab untuk
pertama kalinya adalah Lokasi, Lokasi dan Lokasi. Begitu-pun halnya dengan menjalankan
bisnis online, lokasi sangatlah penting. Cuma bedanya kalau di bisnis online,
lokasi tersebut dinamakan dengan Domain.
Nama domain haruslah nama yang mudah
diingat dan sebisa mungkin berupa satu kata ataupun satu frase kalimat yang
pendek saja. Seperti misalnya : Google.com, Yahoo.com, Detik.com, dll adalah sebagaian
contoh bagaimana menentukan domain yang menjual dan mudah diingat. Tapi boleh
juga menggunakan satu frase kalimat meski agak panjang asalkan mudah diingat,
misalnya saja KeluargaSehatHarmonis.com.
Untuk bisnis, pakailah domain dengan
akhiran dot com (.com) yang bisa didapatkan dari situs-situs penjual domain
yang banyak bertebaran di jagat dunia maya ini. Kalau mau yang gratisan juga
boleh kalau memang modalnya ndak ada he..he. Seperti misalnya memakai platform
Blogspot ataupun Wordpress. Emangnya butuh berapa duit untuk beli domain sampai
tidak sanggup membelinya J.
Bahkan saaat ini ada yang gratisan
dengan tanpa membuat website yaitu bisnis online melalui media sosial seperti
di Facebook, Twitter, Instagram, dll. Bahkan saya mendengar cerita dari
teman-teman pelaku bisnis online ini yang bisa menghasilkan duit milyaran hanya
melalui media sosial. Nah, asyik kan? Nah, saat inipun saya mencoba salah satu
kiat sukses bisnis online melalui Facebook.
Ingat, Lokasi-Lokasi-Lokasi atau
Domain-Domain-Domain
Kedua, TRUST (AMANAH)
Menjalankan bisnis di dunia online
adalah “Bisnis Kepercayaan” yang harus dijaga dengan baik dan amanah tentunya.
Seorang pembeli tidak bisa meraba produk tetapi hanya melihat display dan
keterangan detail produknya saja dari Customer Servisnya. Maka, pemilik toko
online harus menampilkan produknya secara jujur dan memberikan keterangan yang
cukup dan tentu saja menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Sehingga dengan
adanya kepercayaan di antara kedu belah pihak inilah bisnis online bisa berjalan
dengan baik dan terpercaya
Itu terkait dengan produk, ada lagi yang
harus diperhatikan yaitu soal pembayaran. Bagaimana pembeli mendapatkan kemudahan
proses pembayaran dan penjual mendapatkan pembayarannya sesuai dengan harga
produk yang dijual plus biaya kirimnya (kalau ada). Seperti yang saya lakukan
dalam menjalankan Toko Online Busana Muslim misalnya, sebisa mungkin pembeli
mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya termasuk juga terkait dengan
pembayaran.
Ketiga, GAYA HIDUP ONLINE
Kalau kita sudah mendeklarasikan diri
untuk mengelola Toko Online, maka juga harus memiliki gaya hidup online. Yang
dimaksud gaya hidup online diantaranya adalah memiliki waktu khusus minimal 2
jam setiap hari untuk online dalam rangka melayani customer. Disamping itu
kalau merespon customer sebisa mungkin tidak lebih dari 24 jam dan yang lebih
penting lagi adalah selalu melakukan update produk yang terdisplay di toko
online kita. Sehingga ketika customer datang, menganggap bahwa toko online ini
memang hidup dan terpercaya karena sering melakukan update. Apalagi kalau ada
diskon atau event khusus yang selalu ditampilkan.
Kalau kita datang ke toko buku gramedia
maka kita seringkali menemukan display buku yang selalu berubah-ubah setiap
periode tertentu, misalnya dikelompokkan dalam beberapa kategori : Best Seller,
Buku Baru, dll. Nah, di Toko Online kita pun harus demikian, bagaimana kita
mengatur display produk kita supaya berganti-ganti tiap periode tertentu. Ini
juga merupakan hasil pengamatan kita selama ini, dengan mengetahui barang yang
sering laku dan tidak dari record penjualan toko online kita tentunya.
Keempat, PEMBAYARAN
Seperti yang sudah saya sampaikan di
pont “TRUST” di atas, pembayaran merupakan faktor penting yang harus
diperhatikan oleh pemilik Toko Online. Sebisa mungkin kita memberikan
alternatif pembayaran yang banyak tentunya dengan memperhatikan segmen customer
kita seperti apa. Biasanya sih tiga rekening saja cukup, misalnya saja BCA,
Bank Mandiri dan BRI.
Rekening yang dimiliki oleh pengelola
Toko Online haruslah merepresentasikan customer yang ada dan alangkah lebih
baiknya kalau ada pembayaran secara online misalnya menggunakan paypal (dengan
catatan kalau memang customer kita familiar dengan sistem pembayaran tersebut).
Dan kalau pembayaran sudah masuk, ya harus segera dikirim produknya ke alamat customer
tersebut dan segera kabarkan bahwa barang sudah dikirim J.
Kelima, KEMASAN & DISTRIBUSI
Kemasan yang bagus juga menjadi faktor
penting suksesnya toko online, seperti yang dikatakan dalam iklan AXE : “Kesan
pertama begitu menggoda....”. Kemasan haruslah dibuat semenarik mungkin sesuai
dengan produk yang kita jual dan aman tentunya. Kalau bahannya mudah pecah ya
harus difikirkan bagaimana membuat kemasan yang bisa melindungi produk tadi.
Selanjutnya kalau perlu mintakan saran
positif dari para customer termasuk komentarnya terkait dengan kemasan yang
kita buat he..he.
Keenam, ONLINE MARKETING
Seperti halnya buka toko offline, kalau
sudah dibuka yah jangan ditunggui doang dengan berharap pembeli datang secara
sukarela he..he. yah harus dibuat bagaimana marketingnya, bagaimana menarik
pengunjung, bagaimana pengunjung yang datang trus beli, yang sudah beli mau
beli lagi dan beli lagi.
Nah, bicara online marketing kayaknya
agak panjangan dan gak mungkin dibahas pada postingan kali ini. Intinya adalah bagimana Toko Online kita bisa
menarik pengunjung sebanyak-banyaknya dan akhirnya mau membeli produk yang kita
jual. Kalau pelayanan yang kita berikan bagus, maka akan membuat ketagihan
customer kita untuk terus belanja lagi. Dan bukannya tidak mungkin, customer
kita akan menjadi mitra pemasar gratis bagi toko online kita.
Sebagai permulaan, agar toko online kita
dijubeli pengunjung maka yah di iklankan baik di forum iklan gratisan maupun
yang berbayar. Yang berbayar bisa dengan Google adwords maupun Facebook Ads.
Semoga di tulisan berikutnya bisa menyajikan tulisan lanjutan tentang
“Bagaimana Cara Membuat Pengunjung Berdatangan ke Toko Online”.
Selamat Sukses & Berkah !
Facebook : Arif Prasetyo Aji | Twitter : @arifaji
Comments