Skip to main content

10 Pilihan Profesi “Kartini” Masa Kini

Seiring dengan peringatan Hari Kartini, 21 April 2008 hampir di setiap media cetak maupun elektronik berlomba-lomba untuk menampilkan “kartini” masa kini dengan segala pernak perniknya.
Ada hal yang menarik yang perlu kita cermati bersama adalah acara dengan tajuk METRO10 di Metro TV yang menayangkan hasil survey mengenai profesi yang paling diidamkan oleh seorang wanita.
Berikut adalah 10 pilihan profesi tersebut dengan urutan paling atas adalah yang paling didambakan.
1. Wirausaha (Entrepreneur)
Pilihan wanita terkait dengan profesi ini sebenarnya lebih kepada fleksibilitas waktu dan masih terjangkaunya urusan rumah tangga selain dengan berwirausaha. Dan memang dari hasil survey tersebut menggambarkan bahwa keinginan menjadi wirausaha antara wanita dan pria sedikit berbeda. Kalau pria lebih cenderung untuk memiliki perusahaan dan punya mitra/karyawan dan seterusnya.
Dan memang tidak salah kalau banyak wanita yang akhirnya memilih sebagai ”EntrepreneuR”. Lihat saja contohnya banyak disekitar kita, seperti Dewi Motik yang tahun lalu mendapatkan penghargaan ISMBEA, juga Nina M. Armando dengan Bunda In Biz-nya, Bu Yulia Moz5, Bu Sulis dengan bukunya ”Bunda Luar Biasa” dan seterusnya.
2. Guru
Profesi ini barangkali melekat dengan karakter seorang wanita. Dengan ketelatenan dan kesabarannnya juga perasaan halusnya wanita dibutuhkan untuk membantu dunia pendidikan melahirkan generasi yang baik secara keilmuan dan moral.
3. Dokter
Sejak zaman kolonial profesi seorang Dokter memang masih tetap menggiurkan. Profesi yang dianggap bisa membantu sesama dalam mengatasi masalah kesehatan ini masih memiliki tempat terhormat di hati masyarakat. Setiap kita pasti bisa secara mudah menggambarkan sosok yang satu ini.
4. Sekretaris
Nah ini dia, saya belum pernah menemukan profesi Sekretaris ini diduduki seorang laki-laki kecuali Mensesneg dan Menseskab saja. Kenapa yah, mungkin sosok wanita yang telaten, ulet itu yang menjadikan profesi ini lekat dengan wanita, atau ada yang lain ?
5. Ibu Rumah Tangga
Saya sempat deg-degan juga saat melihat acara ini yang menyebutkannya dari angka yang ke-10, karena jangan-jangan profesi yang mulia ini tidak ada peminatnya. Kalau memang benar begitu, sudah bisa ditebak generasi yang akan datang negeri ini mau seperti apa, pasti banyak yang gak keurus.
Dan ”surprised” ketika profesi ini muncul di urutan yang ke-5 alias di tengah-tengah. Itu barangkali menggambarkan bahwa wanita itu profesi utamanya adalah Ibu Rumah Tangga sedangkan sambilannya entrepreneur, dokter, desainer, jurnalis, dll...
6. Pramugari
Lah, memang ada pramugara he..he..Bagi yang ingin menjelajah negeri bahkan bumi, profesi ini sangat menggiurkan, gimana lagi lha wong terbang kemana-mana gratis bahkan dapat uang lagi he..he..
7. Pegawai Negeri Sipil
Ini kayaknya yang paling mudah, jadi PNS. Yang penting punya ijazah trus melamar dalam rekruitmen PNS, jadi dech PNS. Masalah kerjaan nanti dulu. Tapi banyak juga yang akhirnya berhasil menempati posisi puncak dalam karirnya di PNS bahkan berprestasi.
Seperti misalnya Bu Risma saat menjabat Kepala Dinas Pertamanan Kota Surabaya. Beliau adalah seorang yang getol dengan aktifitas penghijauan kota, hasilnya Tahun 2007 kemarinn Kota Surabaya terlihat lebik sejuk dan nyaman dipandang. Dan akhirnya tidak salah kalau Jawa Pos menempatkannya sebagai Woman Of The Year 2007 lalu.
8. Desainer
Banyak ragam desainer yang digeluti wanita, dari mulai desain busana, desain interior sampai desain grafis misalnya. Dan memang sentuhan wanita itu mengundang keindahan tersendiri.
9. Entertainer
Kalau ini jangan ditanya lagi, wanita barangkali banyak yang menggeluti profesi yang satu ini. Apalagi didukung dengan program pemandu bakat instan yang menjamur, menjadikan profesi ini cukup menggiurkan. Sekali naik panggung berapa coba rupiah yang dihasilkan.
Sayangnya dunia entertainer adalah dunia yang penuh glamour dan kurang memperhatikan aspek moralitas, kasus Dewi Persik adalah salah satu contohnya. Trus bagaimana dengan Film Ayat-Ayat Cinta ? Anda lebih tahu jawabannya......
10. Jurnalis
Konon profesi yang satu ini sarat dengan “kejantanan” maksudnya identik dengan kaum pria. Tapi saat ini profesi yang satu ini menjadi incaran kaum hawa meskipun sarat dengan kekuatan fisik bahkan resiko yang mematikan. Coba siapa yang tidak kenal Ira Kusno yang mencuat saat reformasi 98 juga ada Meutya Hafid yang lolos dari sandera tentara Iraq.
Mengutip perkataan Ibu Yoyoh Yusroh (ibu dari 13 anak, anggota DPR) di Jawa Pos, “Kalau ada sentuhan wanita, insya Allah politik jadi lebih indah, lebih santun, lebih damai. Seperti masjid jika diurusi oleh ibu-ibu, akan lebih wangi, harum dan bersih,”
Nah, ibu kita, isteri kita dan anak kita berada di manakah ?

Comments

Anonymous said…
Hello!

Nggak terasa udah mau Hari Kartini lagi ya?

Ini ada artikel tentang Kartini juga, "Hari Kartini, Pahlawan Pendidikan" di cantik40s.blogspot.com.

:)

Thanks,
AFM

Popular posts from this blog

Sensasi Asem-Asem Pedas Ikan Kutuk Kelo Kuning Asli Lamongan

Lamongan ini memang rajanya kuliner , hampir di setiap kota di negeri ini selalu ada menu kuliner Lamongan seperti misalnya, soto lamongan, tahu campur , dll. Kalau kita memasuki kota Lamongan maka akan disuguhi pemandangan ada ibu-ibu yang berjajar rapi dengan borannya, itulah yang disebut dengan Nasi Boran . Kenapa disebut nasi boran ya karena nasinya ditaruh di dalam sebuah boran yang terbuat dari anyaman bambu. Melihatnya saja sudah gundah gulana dibuatnya apalagi kalau sudah mencoba dijamin nambah lagi he..he.. Tapi yang ndak suka pedas, jangan asal beli bisa-bisa nanti perutnya tidak bersahabat, tanya dulu apa ada bumbu yang nggak pedas.

Rumeli Hisari, Gerbang Penaklukan Konstatinopel

Selat Bosphorus itu adalah kunci kekuatan Konstatinopel. Hampir semua bantuan datang melalui selat ini. Hal ini terjadi sejak penaklukan Konstatinopel pertama kalinya sampai Sultan Beyazid I, ayah dari Muhammad Al Fatih. Karenanya Sultan Beyazid I membuat benteng di tepian Selat Bosphorus dekat Laut Hitam (Balck Sea), sebagai upaya pencegahan datangnya pasukan bantuan ke Konstatinopel. Benteng setinggi 25 meter ini kemudian disebut dengan Anadolu Hisari (Anatolia Fortress) atau Benteng Anatolia atau Benteng Asia Kecil. Muhammad Al Fatih, demi menunjukkan keseriusannya dalam upaya penaklukan Konstatinopel, juga membangun benteng di seberang Selat Bosphorus tepat berhadapan dengan benteng yang dibuat ayahnya, Anadolu Hisari. Ya, faktanya Anadolu Hisari tidak mampu membendung datangnya bala bantuan ke Konstatinopel. Sehingga perlu dibuat benteng lagi untuk menguatkan posisi benteng sebelumnya. Benteng legendaris inilah kemudian disebut sebagai Rumeli Hisari. Ketika

SEC On The Move

Mas Danton, Mas Samsul, Mas Samurai, dll Aku dan Mas Ganda (Kharisma Collection-Royal Plaza & Cito) Mas Riano (kelihatan sampingnya he..he..) Mbak, Kalo hitung yang bener ya... Rabu malam kemarin, tepatnya tanggal 28 Nopember 2007, SEC (alias Surabaya Entrepreneur Club) punya “gawe” pertemuan rutin sekaligus pemilihan ketua periode 2008-2010. Sebelumnya telah terjaring tiga nama calon oleh tim kecil SEC periode sebelumnya, yaitu Samurai “Investor”, Agus “Vitabean” dan Riano “Reng Oneng”. Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh sang ketua panitia, Mas Danton “Jagoan Hosting”. Dia menyampaikan bahwa acara malam ini berbeda dari pertemuan sebelumnya, karena : Pertama, akan dilakukan pemilihan ketua SEC. Kedua, dilaksanakan di kampus SE (Sustainable Entrepreneur-Sekolah Pengusaha) . Ketiga, dihadiri para pendiri komunitas ini yang sudah sukses, yaitu Pak Panca, Pak Ismail Nakhu dan satu lagi aku lupa namanya, maafkan aku ya Pak…. Kemudian, sambutan da