Skip to main content

Prospek Bisnis Tahun 2010


Beberapa hari yang lalu ada sahabat saya yang bertanya tentang prospek bisnis di tahun 2010. Saya tidak tahu kenapa dia bertanya kepada saya, yang jelas dia beranggapan kalau saya ini adalah seorang pebisnis (entreprteneur). Wah, jadinya saya tersanjung mendengarnya, ini sekaligus saya anggap juga sebagai do’a dari sahabat saya, ”semoga saya adalah salah satu yang bisa menjadi Abdurrahman Bin Auf di abad modern ini”.
Tahun ini merupakan tahun yang berat bagi negara kita setelah diberlakukannya kesepakatan perdagangan bebas antara China & ASEAN. Tahun ini bisa jadi barang-barang China akan beredar di negara kita sementara kita selama ini tidak melakukan persiapan apapun sejak ditandatangani kesepakatan ini 2002 silam.
Aneh memang negara kita ini namun demikin kita tidak boleh larut karenanya. Kita harus selalu tetap bersyukur atas karunia Allah yang dilimpahkan atas negeri kita yang kaya raya ini dengan meminjam istilah yang dipopulerkan KH. Zainuddin M.Z, negara kita disebutnya dengan : ”gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo”. Silaturrahim kita harus dipererat lebih kuat, insyaallah kita akan bisa keluar dari permasalahan ini.

Konon, negara maju ditopang oleh entrepreneur sebanyak 2 % dari total penduduknya, sementara negara kita hanya kurang dari 1 % yang bergelut sebagai entrepreneur. Jadi, peluangnya masih besar untuk pengembangan jiwa entrepreneurship di negeri ini. Semoga kita bisa ! Insyallah !

Bisnis Itu Sendiri
Meminjam istilahnya Pak Mario Teguh, ”negara ini akan bisa berkembang dengan adanya entrepreneur....” maka menumbuhkan jiwa entrepreneurship di dalam diri kita menjadi agenda utama dan kebutuhan tentunya. Bicara tentang bisnis, maka peluangnya sangat luas tergantung kejelian dan keberanian kita menangkap pleuang yang ada.
Yah, mulai dari yang mudah saja, yang tidak terlalu mengundang resiko. Misalnya saja dengan menjadi reseller dari suatu produk tertentu. Atau mulai dari keahlian yang anda bisa, misalkan dengan menjadi konsultan dari bidang yang anda tekuni saat ini. Juga bisa memproduksi sendiri produk tertentu yang anda kuasai baik dari segi produksinya maupun marketnya.
Nah, kalau terkait peluang bisnis ini mungkin perlu diskusi lebih lanjut di kemudian hari.

Internet Marketing
Di Harian Surya tanggal 4 januari 2010, diulas satu tema menarik tentang internet marketing dengan judul : ”Saatnya Berbisnis Online”. Pembahasan diawali dengan prediksi arah bisnis tahun 2010 yang memberi ruang sangat luas bagi industri kreatif. Hal ini memberikan peluang bagi siapa saja untuk menjadi pengusaha (entrepreneur). Namun, pembahasan lebih banyak mengulas pernik-pernik ”Toko Online”, sedangkan internet marketing lainnya tidak ada pembahasan, mungkin edisi mendatang.
Internet marketing adalah profesi yang aneh pada awalnya, namun saat ini menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Bahkan, pebisnis pada umumnya selalu menggunakan internet marketing untuk memperbesar pengembangan bisnisnya. Motivator nomor satu di negeri ini juga menjual produknya melalui dunia online, bahkan Adam Khoo juga menggunakan hal yang sama.
Orang-orang yang menekuni internet marketing, saat ini sudah bisa menikmati hasilnya bahkan sudah menjadi profesi yang menghasilkan rupiah maupun dollar yang berjibun. Sebut saja Ane Ahira, Joko Susilo, Lutvi Afandi, Aldian Prakoso, Aulia Halimatussadiah, Badroni Yuzirman dan juga tidak ketinggalan adalah saya sendiri he..he.
Bayak sekali peluang bisnis ”internet marketing” yang bisa kita jadikan pilihan untuk kita tekuni di tahun 2010. Diantaranya : AsiaBrain-nya Ane Ahira, Formula Bisnis-nya Joko Susilo, Cafe Bisnis-nya Lutvi Afandi, Mantra Uang-nya Aldian Prakoso. Atau anda buat saja toko online seperti Aulia halimatussadiah dengan kutukutubuku.com, Badroni Yuzirman dengan ManetVision.com dan punya saya Busana Muslim Attaqi & DienaztyFashion.com.
Property
Salah satu barang yang nilainya terus bertambah adalah property, dari tahun ke tahun pasti harganya akan meningkat secara progresif. Itu kalau dilihat dari nilai investasi dan kemudian peningkatan nilainya di kemudian hari. Kalu property tadi sangat produktif, misalkan saja disewa oleh Indomaret atau Alfamart, dijadikan tempat kos, disewa untuk BTS salah satu provider telekomunikasi, dijadikan sarang burung walet, dll. Maka property tadi akan menjadi pasif income dan aktif income sekaligus yang mengalir setiap saat ke pundi-pundi kekayaan kita.
Ada beberapa pilihan ketika kita akan menekuni bisnis di bidang property ini, diantaranya : broker property, investor property atau developer property.
Kalau kita akan terjun menjadi broker property maka bisa bergabung dengan agen property yang sudah ada selama ini atau bahkan kita jalani sendiri juga bisa. Intinya adalah sebagai perantara antara penjual dan pembeli property.
Saat ini banyak sekali pelatihan yang ditujukan untuk investor property dengan berbagai bentuknya. Disana diajarkan bagaimana cara beli property tanpa uang, juga bagaimana setiap tahun kita bisa terus menembah koleksi property kita.
Menjadi developer property mungkin saja bisa kita jalani, asalkan memiliki keberanian untuk menjalaninya. Semakin kreatif kita dalam menyediakan hunian yang nyaman, maka semakin mahal harga property yang bisa kita hasilkan. Nah, disinilah hasil kali keuntungan itu terjadi, tergantung kita mengambil keuntungan dari mana saja.
Nah, saya sudah sampaikan gambaran peluang bisnis yang bisa kita kerjakan sekaligus di tahun 2010 ini. Semoga bermanfaat.

Salam Sukses Indonesia !
Arif Prasetyo Aji
Exist Bangun Nusantara | Dienazty Fashion | Attaqi Collection

Comments

Popular posts from this blog

Sensasi Asem-Asem Pedas Ikan Kutuk Kelo Kuning Asli Lamongan

Lamongan ini memang rajanya kuliner , hampir di setiap kota di negeri ini selalu ada menu kuliner Lamongan seperti misalnya, soto lamongan, tahu campur , dll. Kalau kita memasuki kota Lamongan maka akan disuguhi pemandangan ada ibu-ibu yang berjajar rapi dengan borannya, itulah yang disebut dengan Nasi Boran . Kenapa disebut nasi boran ya karena nasinya ditaruh di dalam sebuah boran yang terbuat dari anyaman bambu. Melihatnya saja sudah gundah gulana dibuatnya apalagi kalau sudah mencoba dijamin nambah lagi he..he.. Tapi yang ndak suka pedas, jangan asal beli bisa-bisa nanti perutnya tidak bersahabat, tanya dulu apa ada bumbu yang nggak pedas.

Rumeli Hisari, Gerbang Penaklukan Konstatinopel

Selat Bosphorus itu adalah kunci kekuatan Konstatinopel. Hampir semua bantuan datang melalui selat ini. Hal ini terjadi sejak penaklukan Konstatinopel pertama kalinya sampai Sultan Beyazid I, ayah dari Muhammad Al Fatih. Karenanya Sultan Beyazid I membuat benteng di tepian Selat Bosphorus dekat Laut Hitam (Balck Sea), sebagai upaya pencegahan datangnya pasukan bantuan ke Konstatinopel. Benteng setinggi 25 meter ini kemudian disebut dengan Anadolu Hisari (Anatolia Fortress) atau Benteng Anatolia atau Benteng Asia Kecil. Muhammad Al Fatih, demi menunjukkan keseriusannya dalam upaya penaklukan Konstatinopel, juga membangun benteng di seberang Selat Bosphorus tepat berhadapan dengan benteng yang dibuat ayahnya, Anadolu Hisari. Ya, faktanya Anadolu Hisari tidak mampu membendung datangnya bala bantuan ke Konstatinopel. Sehingga perlu dibuat benteng lagi untuk menguatkan posisi benteng sebelumnya. Benteng legendaris inilah kemudian disebut sebagai Rumeli Hisari. Ketika

SEC On The Move

Mas Danton, Mas Samsul, Mas Samurai, dll Aku dan Mas Ganda (Kharisma Collection-Royal Plaza & Cito) Mas Riano (kelihatan sampingnya he..he..) Mbak, Kalo hitung yang bener ya... Rabu malam kemarin, tepatnya tanggal 28 Nopember 2007, SEC (alias Surabaya Entrepreneur Club) punya “gawe” pertemuan rutin sekaligus pemilihan ketua periode 2008-2010. Sebelumnya telah terjaring tiga nama calon oleh tim kecil SEC periode sebelumnya, yaitu Samurai “Investor”, Agus “Vitabean” dan Riano “Reng Oneng”. Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh sang ketua panitia, Mas Danton “Jagoan Hosting”. Dia menyampaikan bahwa acara malam ini berbeda dari pertemuan sebelumnya, karena : Pertama, akan dilakukan pemilihan ketua SEC. Kedua, dilaksanakan di kampus SE (Sustainable Entrepreneur-Sekolah Pengusaha) . Ketiga, dihadiri para pendiri komunitas ini yang sudah sukses, yaitu Pak Panca, Pak Ismail Nakhu dan satu lagi aku lupa namanya, maafkan aku ya Pak…. Kemudian, sambutan da